IBADAH

BERBAGI BERITA IBADAH

UMAT SEBELUM NABI ADAM AS. Bagaimana dg pendapat anda???


DIALAH YG DI NAMAKAN 3 UMAT TERDAHULU SEBELUM NABI ADAM YAITU: ...
BANUL JAN
BANUL BAN
DAN IJAJIL
DARI GOLONGAN JIN YG TERAKHIR MALAH BERBADAN DAN BERDARAH
DARI GOLONGAN 3 UMAT TERDAHULU ITULAH BUMI INI PERNAH MENGALAMI 3X KIAMAT

Barangkali dalam hati Kalian sempat terbesit pertanyaan Siapakah Makhluk Sebelum Adam? 
Bila menurut kepercayaan Muslim merujuk : 

“Dan (ingatlah) saat Tuhanmu berfirman terhadap Malaikat; “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan satu orang khalifah di bumi”. Mereka tanya (berkaitan hikmat ketentuan Tuhan itu dgn berbicara) : “Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yg dapat menciptakan bencana & menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami selalu bertasbih dgn MemujiMu & MensucikanMu?”. Tuhan berfirman : “Sesungguhnya Aku mengetahui dapat apa yg anda tak mengetahuinya” 

Sebelum nabi adam turun ke bumi diceritakan bahwa yg menempati bumi ini ialah bangsa jin yg dikelompokan jadi abal jan & banul jan & dari 2 kelompok tersebut bertempur tetap tak sempat bersahabat, selanjutnya malaikat menanyakan terhadap Allah apa bakal menciptakan orang buat menjadikan kholifah dibumi yg senantiasa yasfiquddima (pertumpahan darah), hasilnya Allah memerintah yg bernama ‘azajil yg memimpin para malaikat jibril mikail izroil & malaikat yg yang lain, buat menaklukan abal jan & janul jan dibumi ini, seterusnya sesudah ditaklukan hasilnya Allah membuat nabi Adam, diantara ‘azajil, malaikat & adam diberikan ilmu oleh Allah lantaran tujuannya utk menjadikan kholifah dibumi, sesudah diuji nyata-nyatanya yg lulus dari ujian tersebut ialah nabi Adam hasilnya semuanya diperintah Allah buat sujud penghormatan terhadap Adam “fasajaduu illa Iblis”, 
hasilnya semuanya sujud kecuali ‘azajil (bangsa Iblis) mereka angkuh & membangkang “aba wastakbaro”. 

manusia tak diciptakan dibumi, namun manusia dijadikan khalifah di bumi, juga sebagai pengganti pastinya ada yg di ganti, alias Adam bukan makhluk mula-mula dibumi, & Allah tak menyampaikan buat merubah manusia sebelumnya, namun pengganti makhluk di bumi, merupakan abal jan & banul jan, mereka itu merupakan penghuni bumi sebelum manusia. 

Wujud basyariahnya tidak jauh berlainan dgn manusia, maka kamu bisa buktikan bahwa makhluk selain manusia, miliki tubuh yg layaknya manusia, ialah banul jan, anak turun Jin, juga banul ban anak turun dedemit, sehingga dikala bumi rusak oleh mereka, mereka diusir bahkan dibasmi oleh malaikat, sampai mereka berlari terbirit-birit & mencari tempat yg jauh dari anak Adam. 

Jikalau dari sudut pandang Archeology : 

Berdasarkan fosil-fosil yg ditemukan, benar-benar ada makhluk lain sebelum manusia. Mereka seperti manusia, tapi memiliki karakteristik yg lebih primitif. Otak mereka lebih mungil. Oleh dikarenakan itu, kemampuan mereka bicara teramat terbatas lantaran tak tidak sedikit nada vowel yg sanggup mereka bunyikan. Kelompok ini disebut Neanderthal. 

Seterusnya datanglah manusia Adam yg diklasifikasikan juga sebagai Homo Sapiens. Menurut Wikipedia, Homosapiens mulai sejak ada lebih kurang 200 ribu th lalu. Sedangkan Neonderthal ada maka 130 ribu th dulu, seterusnya ia lenyap. Ada pula teori yg menyampaikan Neonderthal lenyap sebelum Homosapiens muncul. Namun yg tentu, Homosapiens bukanlah evolusi dari Neanderthal. Neanderthal hanyalah makhluk seakan manusia yg sudah ada sebelum kita (manusia Homo sapiens) ada. 

Kemungkinan tak ada kebenaran konkrit dalam membicarakan isu ini. Rata-rata teori berdasarkan sumber fosil. Tetapi yg paling utama bisa saja juga sebagai bagi yg Muslim kita yakin ada makhluk sebelum Adam yg saling membunuh. Ada yg menyampaikan mereka ialah dari kaum jin. Ada pula yg mengemukakan bahwa ada 3 umat yg penting sebelum Adam. Dua diantaranya dari kaum jin. Sedangkan kaum yg ke3 merupakan dari golongan yg berlainan dari Jin, dikarenakan mereka ini berdarah & berdaging. Golongan ke3 ini yakni mereka yg dimaksudkan yang merupakan “man yufsidu feehaa wa yasfiku al-dimaa’ : golongan yg menciptakan kerusakan & menumpahkan darah” seperti yg diulas oleh Malaikat di dalam ayat Al-Quran 2 : 30. Ini pernyataan yg dilontarkan oleh Al-Maqdisi. 
MASA LAMPAU SEBELUM PERADABAN MANUSIA… 

Dulu waktu, waktu jaman Bani Adam belum ada, sedangkan bumi yg baru di huni oleh Penghuni Pertama yg di ciptakan dari CahayaNya. Tuhan sudah menciptakan makhluk baru yg berada di SisiNya, yg bernama Abu Jaan atau Bpk seluruhnya jin. Abu Jaan yaitu awal mula dari Banul Jaan atau anak jin baik yg dulu hingga akhir zaman. Banul Jaan yaitu Penghuni Ke-2 sebelum Bangsa Manusia lahir ke bumi. Iblis disaat itu belum lahir ke bumi, kelahiran Iblis generasi ke empat kenabian dari bangsa jin. 

Tuhan bertitah pada Abu Jaan ini. “Dengan apa anda meminta kepadaku, wahai Abu Jaan.” 

“Dengan kasih sayang Engkau pada hamba ya Tuhan, sehingga diri Hamba pula dapat berkasih sayang dgn keturunan hamba.” Kata Abu Jaan. 

“Apa yg anda minta DariKu, wahai Abu Jaan. Apakah anda tahu bahwasanya anda baru saja Saya ciptakan dari sejenis api. Tubuhmu dari inti api & ruhmu dari cahaya dikarenakan tiap-tiap roh yg bernyawa aku ciptakan dari cahaya dari SisiKu.” 

”Terima kasih oh Tuhanku yg senantiasa hamba Agungkan. Hamba meminta badan hamba tak dapat dipandang oleh seluruhnya makhluk, kecuali yg Engkau kehendaki saja yg dapat menyaksikan hamba & keturunan hamba.” Kata Abu Jaan. 

“Akan ku kabulkan permintaanmu, tidak cuma itu apa lagi wahai Abu Jaan.” 

“Apakah hamba bakal hidup di surga yg hamba tempati waktu ini wahai Tuhanku.” 

“Kamu mampu menempati surga ini, demikian serta utk dirimu saja sanggup terbang sesuka hatimu & tinggal sesuka hatimu hingga saya perintahkan dirimu turun ke Bumi. & waktu itu keturunanmu tidak akan dapat mendatangi tempat ‘Surga Pengangkatan Makhluk’ cuma dirimu sekarang yg kuat. Sesudah anda menyentuh tanah di bumi, sehingga anda jadi makhluk bumi & kamupun bakal menciptakan keturunan & mati di bumi. Tapi, cuma anda satu orang yg dapat terbang di langit dunia diwaktu tinggal dibumi.” Langit dunia merupakan Tata Surya seluruhnya pelosok jagad raya ini. Singgasana Tuhan berada diluar Tata Surya yg berada di tempat kosong, tak ada benda apapun. Itulah di sebut juga sebagai ArsyNya Tuhan, sebab tempatnya amat tinggi tak ada makhluk yg mampu kesana kecuali yg di kehendaki oleh Tuhan sendiri. Lantaran Tuhan Maha Berkehendak, bahkan Iblispun tidak akan bisa. 

“Bolehkah hamba meminta sesuatu ya Tuhanku.” 

“Apa itu perminataanmu wahai Abu Jaan” 

“Jika hamba Engkau angkat juga sebagai pemimpin seluruhnya makhluk di bumi kepada musim hamba, sehingga hamba meminta salah satu keturunan hamba nantinya yg bernama Iblis supaya Tuhan berkenan ia tinggal di ‘Surga Pengangkatan Makhluk’. Wahai Tuhanku, jadikanlah ia menukar hamba & berikanlah kecerdasannya seperti yg hamba miliki kini.” 

“Baiklah kalau kelak Iblis lahir di Bumi, sehingga bakal Saya angkat beliau DisisiKu & bakal saya beri hikmah dari IlmuKu maka diapun pandai. Kekuatannya seperti Penghuni Pertama & kecerdasannya melebihi MakhlukKu yg kelak aku ciptakan.” 

Sehingga Abu Jaan turun dgn kekasihnya, membuahkan keturunan yg banyak sekali. Sambil beribadah pada Tuhan, dirinya serta jadi guru bagi anak keturunannya hingga ia meninggal. Sesudah keturunan bertambah tidak sedikit, generasi inilah ialah generasi Banul Jaan yg kuat-kuat & cerdas-cerdas. Ilmunya amat sangat hebat, dikarenakan jaman dari Abu Jaan hingga Banul Jaan yg kuat belum ada pembinasaan dari Tuhan. Menjadi ilmu mereka bertambah terus sesuai bertambahnya usia mereka. Kala generasinya Iblis lahir di bumi, para Banul Jaan berkoloni jadi sekian banyak bagian. Sehingga terciptalah delapan kerajaan di bumi & satu kerajaan di surga, keseluruhan kerajaan itu yakni delapan kerajaan yg teramat besar & megah di bumi. Sedangkan Iblis belum memiliki kerajaan, meski ia di sebut seorang raja lantaran dia mendiami ‘Surga Pengangkatan Makhluk’. 

Era dulu ketika dikala jaman pertengahan Banul Jaan, Bumi tetap kering & tandus. Era ini sendiri dikala Bumi belum terbentuk seperti sekarang ini, seperti air laut yg melimpah & oksigen yg tidak sedikit. Air tawarpun masihlah sedikit, tetapi air di laut melimpah tetapi tak semelimpah seperti saat ini yg sangat-sangat melimpah. Bahkan disaat ini lautnya lebih luas dibandingkan bersama tanahnya sendiri. Dulu oksigen teramat tidak tebal sebab Banul Jaan merupakan makhluk yg menghirup oksigen amat sangat sedikit. Meskipun bagaimanapun bila api mau menyala masihlah saja membutuhkan hawa meskipun itu teramat sedikit sekalipun. Begitulah kehidupan Banul Jaan yg membutuhkan sedikit oksigen utk bernafas. Tidak Sama dgn manusia yg boros sekali bersama hawa & air. 
Sesudah kerajaan terbentuk jadi delapan kerajaan, adalah kerajaan kakak-kakaknya Iblis. Lantaran Iblis sendiri diangkat ke surga seperti permintaan Bapaknya iblis. Kerajaan ini di bagi jadi delapan wilayah di muka Bumi ialah Kerajaan bidang selatan, kerajaan sektor utara, kerajaan sektor timur, kerajaan sektor barat, kerajaan bidang bawah atau basic Bumi sebab mereka dapat menembus ke tanah bahkan bermandikan dgn magmapun tak apa-apa dikarenakan tubuhnya lebih panas dibandingkan bersama magma Bumi. Kerajaan bidang atas atau langit Bumi merupakan yg tinggal disekitar atmosfer bidang atas Bumi. Kerajaan sektor darat atau diatas tanah & kerajaan di air seperti dilaut, danau & ajaran sungai. & yg ke sembilan kerajaan Iblis adalah berada di sudut Tuhan tepatnya ‘Surga Pengangkatan Makhluk’, Kerajaan Iblis diluar alam semesta dunia. 

Tetapi sungguh ironi, kerajaan Banul Jaan di muka Bumi sungguh sangat disayangkan. Mereka amat sangat gemar perang & saling membantai bersama yg yang lain. Tak cuma itu, mereka serta gemar membantai makhluk lain di Bumi. Kerajaan satu dgn kerajaan yg yang lain saling menyerang, mereka berkeinginan menguasai kerajaan lainnya. Beribu-ribu th kerajaan ini melaksanakan peperangan & penindasan dgn kerajaan lain. Disaat berjalan peperangan dari delapan kerajaan ini, Iblis yg keturunanya paling dimuliakan dari mereka lahir ke dunia & seketika itu pun Iblis diangkat ke SurgaNya Tuhan. Iblis hidup di surga dgn para Penghuni Mula-mula, sebab Penghuni Mula-mula sudah di ciptakan dari cahaya. Penghuni Mula-mula serta menempati dari Bumi hingga langit paling atas. Kehidupan mereka mengabdi pada Tuhannya, salah satunya ialah mengangkat Arsynya biar menggantung. Inilah yg dapat ditiru oleh Iblis bersama istana yg menggantung di atas permukaan Bumi yg salah satunya berada di Segitiga Bermuda. 

Iblis amat cerdas & pandai, ia memiliki kehebatan yg gemilang tak ada tandingannya pastinya tidak hanya Tuhan sendiri. Bahkan Penghuni Perdana serta merasa takjub dgn kehebatan yg di punya Iblis. Sebuah kala mereka, dua golongan yakni iblis bersama Golongan Mula-mula mengadakan paling lama ibadahnya pada Tuhan. Contohnya Kalau Golongan Perdana kuat puasa satu hri tidak dengan makan, sehingga iblis kuat dalam tujuh hri tidak dengan makan. Bayangkan ibadah Iblis pada Tuhannya sungguh alim luar biasa. Sebab alimnya dirinya, sehingga ilmu-ilmu kegaiban ataupun ilmu materi di kuasai Iblis amat serentak. 

Iblis bersumpah di dalam darahnya & jiwanya, bahwasanya dirinya bakal bersumpah jadi penghulu bagi semua makhluk di alam semesta ini. Dirinya konsisten berupaya mencari ilmu-ilmu baru & coba ilmu itu hingga mana kesuksesan dalam mencapi ilmu tersebut. Ilmu Iblis yg paling di sukai dari sekian dari ilmunya ialah ilmu buat mengetahui musim depan dari alam semesta ini. Bahkan diapun tahu bersama ilmu ini seandainya nantinya bakalan ada penghulu baru menukar bangsanya. Diam-diam dirinya menuntut ilmu & menyatukan info siapa beliau sebenarnya & kehebatan apa yg dimilikinya ataupun kelemahan dirinya itu apa saja. Benar-benar Iblis ialah makhluk yg pandai bahkan dirinya sanggup memprediksi apa yg dapat berlangsung di Bumi bagi kerajaan kakak-kakanya dibawah sana. 

Kerajaan-kerajaan Banul Jaan biasanya hancur bahkan dapat jadi neraka bagi bangsa jin yg tak tahu apa-apa. Mereka ialah bangsa yg bergolong lemah & jadi budak dari bangsa jin yg lebih kuat. Kehancuran mereka yaitu peperangan & penindasan yg tidak ingin sempat mogok. Kezaliman mereka diluar batas, bahkan mereka tak mengakui bila ada Tuhan yg membuat mereka. Sungguh durhaka mereka pada Tuhannya yg sudah mengasihi mereka sejauh ini ialah tak adanya kebinasaan bagi mereka. Tuhan sudah beram, bumi bergoyang hebat di sebabkan dapat hancurnya bumi itu oleh siksaan para Banul Jaan yg sudah mengotori bumi dari kedurhakaan. Sehingga Tuhan mengutus Penghuni Perdana buat menghukum mereka & membantai mereka. 

Delapan kerajaan ini sudah di serang & diporak-porandakan oleh Penghuni Mula-mula. Semua pengikut Delapan Kerajaan ini melarikan diri bahkan ada yg melawan Penghuni Mula-mula. Tetapi, bukan tandingannya buat melawan Penghuni Mula-mula, mereka sudah di kalahkan. Tidak Sedikit yg mati di antara mereka, badan mereka yg mati di buang ke tengah laut bahkan ada yg di buang ke pulau-pulau mungil. Sedangkan Banul Jaan yg pintar yg sudah melarikan diri bersembunyi di pulau-pulau yg mungil beriklim tropis. Seperti buat diwaktu ini bersembunyi di wilayah Indonesia lantaran negaranya berpulau. Untunglah yg bersembunyi ini selamat meskipun tak memiliki kerajaan lagi, dikarenakan kerajaan mereka hancur luluh. Sedangkan Bangsa Jin yg lemah, mereka di beri kebebasan buat hidup. Mereka hidup damai & slow bersama terlepasnya bangsa Banul Jaan yg lebih kuat & angkuh. Walau mereka di bantai, dapat tapi dari sebahagian golongan yg masihlah kuat & angkuh bersembunyi dari incaran para Penghuni Mula-mula. Mereka senantiasa berpatroli mengitari Bumi utk mengetahui keberadaan para Banul Jaan yg durhaka utk melawan pada Tuhan. Banul jaan yg pintar pandai sekali berkamuflase serasi bersama kepandaian mereka yg mengubah wujud apappun itu. Biasanya mereka beralih wujud menyerupai hewan di periode itu & pun menyerupai tumbuh-tumbuhan yg rimbun. 

Terhadap ketika Banul Jaan yg durhaka di hukum oleh Tuhan Semesta Alam, Iblis disaat itu menyaksikan mereka dari singgasananya ialah diluar alam semesta. Ia menonton bangsanya yg sudah di bantai. Iblis kelihatan sedih lantaran meski bagaimanapun, mereka yg menguasai Delapan Kerajaan yakni kakak-kakak Iblis yg teramat pintar & kuat. Sehingga sejak disaat itu, Iblis bersumpah jikalau kelak ada bangsa lain yg lebih rendah kapabilitas dari dia, sehingga ia tak dapat mengakui sbg Penghulunya. Sebab disaat ini Iblis mengakui dia sendiri juga sebagai Penghulu atau Pemimpin bagi semua makluk Tuhan. 

DINASTI kerajaan para Banul Jaan sudah hancur & musnah. Mereka terpecah belah jadi sekian banyak golongan & tak memiliki pemimpin yg kuat. Mereka jadi grup kerajaan yg kecil-kecil, wilayahnya serta jadi sempit seperti grup suku. Banul jaan yg pintar & pandai sudah musnah, sebab kepintaran & kepandaian bagi mereka di memastikan bersama usia. Barang siapa yg umurnya paling panjang sehingga dialah yg paling kuat. Sebab bagi mereka, tiap-tiap detiknya mengasah kekuatan jadi yg terkuat. Sewaktu ribuan th itu, para Banul Jaan yg terkuat sudah musnah. Mereka sudah tergantikan dgn Bangsa Jin yg lebih mungil kemampuannya & serta kapabilitas kegaibannya tak seberapa. Mereka yaitu generasi yg lemah, sebab mereka masihlah jejaka & umurnya tak panjang lagi sepanjang umurnya Banul Jaan yg lama. Seandainya para penghuni Delapan Kerajaan dulu umurnya beribu-ribu thn. Waktu Ini cuma ribuan th, rata rata seribu th itupun dianggap remaja. Sedangkan usia empat ratus th dianggap buat ukuran manusia kira kira sepuluh hingga empat belas th, betapa tetap kecilnya mereka. 

Utk jadi yg terkuat serta sulit, sebab mereka yaitu generasi baru tak seperti generasi lama. Tapi generasi lama yg sanggup menyelamatkan diri dari kebinasaan sudah bersembunyi buat menyelamatkan diri. Maka mereka dapat hidup & selamat, umurnya pun amat sangat panjang dibandingkan bersama generasi baru dari keturunan Bangsa Jin sekarang ini. Banul Jaan yg selamat ini periode lalunya tak memiliki kekuasaan, kini mereka mampu bernafas lega sebab mereka membawahi jin-jin yg baru lahir & masihlah bodoh. Bangsa jin sekarang ini tak seperti mereka yg ilmunya amat tidak sedikit terutama ilmu kegaiban. Tetapi tak ada yg seperti Iblis, lebih-lebih menandingi kekuatannya terhadap era kemusnahan saudaranya. Dikarenakan ia yakni satu-satunya penguasa kerajaan yg tetap utuh. Lebih-lebih dirinya menguasai kerajaan di surga dengan dgn Penghuni Perdana. Iblis kala ini yakni golongan Banul Jaan yg paling kuat dari penguasa jin sesudah kehancuran delapan kerajaan yg berada di muka bumi. Delapan pemimpin kerajaan beserta menteri-menteri & penduduknya musnah, sebahagian mungil saja yg selamat itupun dianggap lemah terhadap jamannya. 
Iblis mengetahui kejadian ini lantaran beliau pandai meramal & berhitung apa yg dapat berlangsung di periode yg akan datang, meski dirinya mampu berhitung utk hari esok nantinya seperti apa. Ramalan Iblis itu jauh dari kesempurnaan dikarenakan sifatnya dapat benar & dapat juga salah, tetapi ramalan Iblis hebat lantaran dialah Raja dari segala Raja jin. Saat dirinya sedang meramal utk masa depan itu, beliau masihlah berada di singgasananya dekat bersama Tuhan & Penghuni Pertama. Sesudah puas dengan ramalan-ramalan yg dirinya miliki & yg beliau ketahui nantinya seperti apa, sehingga Iblis turun ke Bumi utk menyaksikan Delapan Kerajaan Banul Jaan di bumi yg sudah hancur. Beliau sudah menemukan kesenangan & kebahagiaan yg fantastis berada di Bumi. Mulai Sejak waktu itu yg di nantikannya yaitu dikala kakinya menginjakkan ke Bumi, sehingga Iblis sudah meninggalkan tahta kerajaan & menanggalkan Mahkota Raja di Surga Pengangkatan MakhlukNya. Ia merasa bangga di muka Bumi sebab ada makhluk yg sama dgn dia yg nantinya mampu di jadikan pasukan serta anak buah dari golongannya. Diam-diam tidak dengan sepengetahuan Tuhan & Penghuni Pertama, Iblis menciptakan kerajaan baru di muka Bumi. Kerajaan Iblis menggantung diatas air, kerajaaannya amat sangat besar & teramat menakjubkan megahnya. Biarpun demikian Tuhan tahu pula sebab Tuhan Maha Tahu. 

Sebab kebesaran & kemampuan kharisma yg dipunyai Iblis, sehingga seluruhnya jin di muka Bumi baik itu jin masa lampau yg umurnya teramat lanjut umur & memiliki kehebatan yg tak layak lagi di pertanyakan. Hingga jin yg muda-muda yg lemah & pengalaman hidupnya masih sedikit meskipun itu umurnya beberapa ratus th. Seluruhnya bangsa jin patuh & takhluk dihadapan Iblis, mereka berikrar bakal senantiasa setia kepadanya. Mereka juga merasa terhormat bila dengan Iblis, lantaran Iblis ke sohor yang merupakan keturunan Banul Jaan satu-satunya yg berada di luar alam semesta. Seluruhnya bangsa jin merasa bangga & gembira apabila mengangkat Iblis yang merupakan raja baru mereka. Dialah junjungan yg mampu mengumpulkan semua jin jadi kerajaan jin yg baru di muka Bumi. 
Lantaran kerajaan di surga kosong, sehingga Tuhan Semesta Alam membuat makhluk baru lagi utk menukar Iblis yang merupakan Raja Baru. Makhluk baru ini pun menukar kepemimpinan bangsa jin di muka bumi yg nantinya akan membawahi semua makhluk Bumi. Lantaran Iblis tak terima dengan ketetapan Tuhan, sehingga Iblis beserta para pengikutnya yg setia mendapati kutukan dari Tuhan Semesta Alam. Seketika itu bangsa jin terpecah jadi dua golongan ialah golongan yg mula-mula jadi pengikut Iblis yg memiliki kekuasaan & kapabilitas ataupun kerajaan yg amat besar. Sedangakan golongan yg ke-2 melepaskan diri dari pengaruh Iblis, mereka jadi golongan jin yg lemah yg sudah memiliki kerajaan yg kecil-kecil & bersuku-suku. Mereka tidak jarang di jajah bersama pengikut Iblis yg lebih kuat. Peperangan di antara dua golongan saling berkecamuk lantaran berlainan keyakinan & ediologi dari bangsa jin hingga akhir zaman. 

sumber : http://www.hotbanget.id/2016/01/sejarah-kehidupan-nabi-adam-berdasarkan.html
referensi :kamauluddin.blogspot.co.id/2012/09/3-umat-yang-diciptakan-sebelum-nabi.html 
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "UMAT SEBELUM NABI ADAM AS. Bagaimana dg pendapat anda???"