IBADAH

BERBAGI BERITA IBADAH

JIN TIDAK TAHU MASALAH GAIB. INI ULASANNYA....


Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, amma ba’du,

Jin sama seperti manusia, dirinya cuma sanggup mengetahui apa yg ditangkap oleh inderanya. Ia cuma mengetahui apa yg dipandang oleh matanya, apa yg didengar oleh telinganya, apa yg dirasa oleh indera perabanya. Selebihnya jin tak tahu. 

Nabi Sulaiman ’alaihis shalatu was salam mempunyai bala tentara jin, baik jin muslim ataupun jin kafir. Mereka taat terhadap Nabi Sulaiman ‘alaihis salam. Jin muslim tunduk pada Nabi Sulaiman yang merupakan wujud ibadah terhadap Allah, sementara jin kafir taat terhadap Nabi Sulaiman, lantaran takut dihukum & takut memperoleh siksa.

وَمِنَ الْجِنِّ مَنْ يَعْمَلُ بَيْنَ يَدَيْهِ بِإِذْنِ رَبِّهِ وَمَنْ يَزِغْ مِنْهُمْ عَنْ أَمْرِنَا نُذِقْهُ مِنْ عَذَابِ السَّعِيرِ . يَعْمَلُونَ لَهُ مَا يَشَاءُ مِنْ مَحَارِيبَ وَتَمَاثِيلَ وَجِفَانٍ كَالْجَوَابِ وَقُدُورٍ رَاسِيَاتٍ

Dan sebagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya (di bawah kekuasaannya) dengan izin Tuhannya. Siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami berikan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala. Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). (QS. Saba: 12 – 13)

Karena ancaman ini, para jin kafir itu bekerja dengan sangat terpaksa.

Nabi Sulaiman Meninggal
Allah takdirkan Nabi Sulaiman wafat dalam posisi tegak bersandar bersama tongkatnya. tiada satupun bala tentaranya baik dari kalangan jin ataupun manusia yg tahu bahwa dirinya sudah wafat. Merekapun konsisten bekerja sebab mengira Nabi Sulaiman masihlah hidup. 

Sampai akhirnya Allah mengutus binatang rayap. Rayap itu memakan tongkat Nabi Sulaiman dari bawah hingga dirinya jatuh. Waktu itu, para jin itu barulah sadar, bahwa Nabi Sulaiman sudah wafat. Mereka sadar bahwa sejauh ini mereka bekerja tidak dengan diperhatikan Nabi Sulaiman, dikarenakan dia telah wafat. seluruhnya ini Allah tetapkan sbg pelajaran bagi seluruhnya umat manusia bahwa sejatinya jin sama sekali tak mengetahui perihal yg ghaib. Allah jelaskan bahwa Jin cuma bisa mengetahui apa yg tertangkap indera mereka yg terbatas.Selebihnya, jin tak tahu.

فَلَمَّا قَضَيْنَا عَلَيْهِ الْمَوْتَ مَا دَلَّهُمْ عَلَى مَوْتِهِ إِلَّا دَابَّةُ الْأَرْضِ تَأْكُلُ مِنْسَأَتَهُ فَلَمَّا خَرَّ تَبَيَّنَتِ الْجِنُّ أَنْ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ الْغَيْبَ مَا لَبِثُوا فِي الْعَذَابِ الْمُهِينِ

Tatkala Kami telah menetapkan kematian Sulaiman, tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka tatkala ia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa kalau sekiranya mereka mengetahui yang ghaib tentulah mereka tidak akan tetap dalam siksa yang menghinakan. (QS. Saba: 14).
Andaikan jin tahu hal yang ghaib, mereka akan keluar meninggalkan istana Nabi Sulaiman. Andaikan jin tahu bahwa Sulaiman telah meninggal, mereka tidak akan bekerja dengan penuh tekanan. (Fa bihudahum Iqtadih, Dr. Utsman al-Khamis, hlm. 324).

Berapa Lama Nabi Sulaiman Wafat Berdiri?
Sebagaian ahli sejarah menyebutkan bahwa para jin itu bekerja setelah Sulaiman meninggal selama setahun. Artinya, selama rentang waktu itu, jin tidak tahu bahwa Nabi Sulaiman ’alaihis shalatu was salam telah meninggal.

Ibnu Katsir mengatakan,

ثم حسبوا على ذلك النحو فوجدوه قد مات منذ سنة، وهي قراءة ابن مسعود: فمكثوا يدأبون له من بعد موته حولا كاملا فأيقن الناس عند ذلك أن الجن كانوا يكذبون ولو أنهم علموا الغيب لعلموا بموت سليمان ولم يلبثوا في العذاب سنة يعملون له ذلك

Mereka para jin itu, tetap berada pada keadaan semula (bekerja). Ternyata mereka bahwa Nabi Sulaiman telah meninggal setahun yang lalu. Dan keterangan ini tercantum dalam qiraah yang dibaca Ibnu Mas’ud, ”Mereka terus tunduk kepada Sulaiman setelah beliau meninggal selama setahun penuh.” sehingga manusia menjadi yakin ketika itu, bahwa ternyata selama ini para jin telah berdusta. Andaikan mereka mengetahui hal yang ghaib, tentu mereka akan mengetahui kematian Nabi Sulaiman ’alaihis salam, sehingga mereka tidak berada dalam tekanan selama setahun, bekerja untuk Sulaiman. (Tafsir Ibnu Katsir, 6/503).

Ditulis oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina KonsultasiSyariah.com)

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "JIN TIDAK TAHU MASALAH GAIB. INI ULASANNYA...."