IBADAH

BERBAGI BERITA IBADAH

SUDAH TAHUKAH KAMU APA ITU SYIAH??? BERMULA DARI TERBUNUHNYA KHALIFAH KE-3 USTMAN BIN AFFAN SAMPAI MENJADI....

Dijelaskan dalam satu buah hadist shokhih bahwa islam akann terpecah dalam 73 sekte atau ajaran, baik yg berdampak di dalam ataupun akibat dari pembenturan budaya luar pada adat Islami model lama (Shalaf), setelah itu berakumulasi terhadap timbul dua sekte besar di dalam perjalan agama Islam, & sekte yg lainpun berskala kecil meskipun itu tak siknifikan & tak berumur lama utk eksitensinya. 


SEKTE-SEKTE Paling Besar DALAM ISLAM 

Dalam islam ada tiga sekte yg memiliki pengikut paling besar & Ke-3 sekta tersebut yaitu : 
  1. Sekta Syiah, yg berkembang ditanah Iran & di lembah Irak. Sekta Syiah tersebut mempunyai ciri khas yakni teramat memuliakan Khalif Ali bin Abithalib berserta turunannya. Ali bin Abithalib yaitu saudara sepupu Nabi Muhammad, di pelihara & dibesarkan oleh Nabi Muhammad, selanjutnya dikawinkan dgn PuteriNya yg bernama Fathimah Al Zuhra. Dari hasil perkawinan itu Ali bin Abithalib meraih dua putera yg di beri nama Alhasan & Alhussain. Alhasan & Alhussain yaitu cucu dari Nabi Muhammad, Kelompok ini terbentuk berawal dari trageni berdarah sejarah islam, yaitu peristiwa terbunuhnya Khalifah ke tiga Usman bin Affan, hal ini menyebabkan terjadi perpecahan dalam umat islam yaitu kelompok yang diduga yang melalkukan pembunuhan karena ketidak puasan terhadap pemerintahan Khalifah Usman bin afan, yang kedua kelompok Muawiyah (keluarga Khalifah Usman bin affan) dan kelompok yang Netral, kelompok pertama mendukung Saiddina Ali Bin Abi Tholib untuk menjadi Khalifah dan memerintah umat islam pada saat itu dan berpusat di Irak, dan kelompok inilah yg disebut syiah, kelompok ini sangat mengkultuskan keluarga Ali bin Abi Tholib. pengkultusan sekte Syiah seterusnya lebih dominan memuliakan turunan selanjutnya dari garis Alhussain, adalah cucu Nabi yg bungsu. & disaat ini sekte ini sedang melancarkan banyak serangan pembunuhan pada sekte yang lain. 
  2. Sekta Sunni, yg merupakan pengikut terbanyak sengenap wilayah penjuru Islam, termasuk juga di Irak & Iran. Sekta Sunni umumnya di sebut dgn golongan atau di panggil dgn sebutan Ahlu Sunnah Wal Jam’ah. Ciri khas yg membedakan sekta ini dgn sekta Syiah ialah, bahwa; sekta Sunni ini tak mengkultuskan sesuatu tokoh-tokoh manapun, akan tapi perpegang teguh terhadap Al-Qur’an & Al Sunnah. Sekta Sunni berpendirian bahwa Ali bin Abithalib itu bukan Al Washi. 
  3. Sekta Khawarij; adalah kelompok yg bercirikhas Independent & mereka menyebar pada daerah pedalaman Arabia. & mereka tak mengakui Khilafah Ali, khilafah Umayyah, & Khilafah Abbasiah. Sekta Khawarij ini berpendirian bahwa mereka sajalah Muslim Murni & selebihnya itu kafir, menurut mereka. Kelompok Khawarij ini pada musim Daulah Umayyah & Abbasiah, tidak jarang membikin kekacauan & memperkembangkan aliran sendiri, & merekapun pun terbagi kedalam sekian banyak kelompok ajaran. Selanjutnya kelompok Khawarij ini bisa dileyapkan dari pengaruh mereka pada kehidupan penduduk. Kelompok khawarij ini pula ternama dgn Zahid, ialah taat ber-ibadah, hidup sederhana, fanatik kepada agama Islam, & mereka amat sangat benci melihat gaya hidup para pembesar Khilafah. 
BACA JUGAhttp://khofifahraisya.blogspot.co.id/2016/08/temuan-ilmiah-yg-menghebohkan-kota.html

Bagaimanakah Harusnya HUKUM ISLAM 

Utk menciptakan suatu masyarakat muslim seragam pada ketaatan hukum, sehingga sumber hukum dalam agama Islam itu bersumber dari empat jenis, ialah perdana; sumber dari Al-Qur’a. ke-2; Al Hadits. Ke-3; Al Qias, adalah interpretasi analogi kepada sesuatu masalah yg belum ada hukumnya dgn sesuatu kasus yg telah ada hukumnya. Dgn pertimbangkan persamaan & di gali hukumnya berdasarkan kemampuan. Keempat, Al Ijmak; merupakan adalah persetujuan pendapatnya ahli-ahli hukum atas sesuatu kasus, dgn mempedomani ketentuan pengadilan pada kasus yg sama. 

MAZHAB DALAM SUNNI 

Dalam histori umat Islam, khususnya di lingkup pengikut sunni terdapat empat tokoh yg terpandang ahli hukum paling besar. & keempatnya itu jadi mazhab bercirikhas masing-masing yg mempengaruhi keseluruh penjuru dunia, & mereka ini mempunyai wilayah-wilayah tertentu yang merupakan dominannya pengaruh tokoh ini. 
  1. Mazhab Hanafi, yg di bangun oleh Abu Hanafiah Nukman bin Tsabit (lahir di kaufah kepada th 80 H/699 M & dia wafat pada 150 H/ 768 M). Mazhabnya luas menyebar di India, Pakistan, Turki, Asia Tengah, & Tionkok. 
  2. Mazhab Maliki; di bangun oleh Malik bin Anas bin Malik bin Abiamir (lahir di Madinah terhadap th 93 H/715 M & dia wafat pada th 179 H/795 M) mazhabnya menyebar di Afrika Utara, Semenanjung Iberia, Spain atau Portugal, & Afrika Barat. 
  3. Mazhab Syafi’i, di bangun oleh Muhammad bin Indris bin Abas bin Utsman bin Syafi Al Syafi’i,(lahir di Gazza dalam wilayah Askalon, Palestina pada thn 150 H/767 M, & beliau wafat pada thn 204 H/817 M) mazhabnya menyebar di Mesir, Syiria, Afrika Timur, & Asia Tenggara. Mazhab Hambali, di bangun oleh Ahmad bin Hambal bin Hilal Al Syaibani, (lahir di kota Merw ‘khurasan’ terhadap th 164 H/780 M, & dirinya wafat di Baqdad pada th 242 H/855 M).
BACA JUGA http://khofifahraisya.blogspot.co.id/2016/08/alhamdulillah-obat-hivaids-ditemukan.html

Mudah-mudahan Umat muslim senantiasa bersatu & berpegang teguh dgn Al-quran & Assunah (hadits Rasulluloh SAW), Wallohua'lam Bisawab 
TOLONG DISHARE ....................
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "SUDAH TAHUKAH KAMU APA ITU SYIAH??? BERMULA DARI TERBUNUHNYA KHALIFAH KE-3 USTMAN BIN AFFAN SAMPAI MENJADI...."