IBADAH

BERBAGI BERITA IBADAH

FAKTA ILMIAH HADITS AYAM BERKOKOK MELIHAT MALAIKAT

fakta Ilmiah Hadits Ayam Berkokok Menyaksikan Malaikat – Mungkin Saja sejak kecil Kita telah sering mendengar bahwa bila mendengar ayam berkokok di alam atau menjelang pagi hri itu tandanya dia menyaksikan malaikat, & jika ada kedelai yg meringkik, maka itu tandanya ia menyaksikan jin atau setan. Atau apabila kita mendengar lolongan anjing, maka sia serta melihat setan. 

Perihal tersebut benar-benar sudah disebutkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana sabda Beliau SAW : 
“Apabila kamu mendengar anjing menggonggong & mendengar keledai meringkik mintalah perlindungan terhadap Allah. Sesungguhnya mereka melihat apa yg tak anda lihat.” (HR. Abu Dawud & Ahmad) 
“Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia pada Allah sebab dia menyaksikan malaikat, sedangkan apabila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah pada Allah dari Setan sebab ia melihat setan.” (Shahih Bukhari & Muslim) 

Fakta Ilmiah Hadits Ayam Berkokok Melihat Malaikat 

Kedua hadits diatas shahih lantaran dirawikan oleh beberapa orang yg dalam ilmu hadits mempunyai ingatan yg kuat, dgn adanya ke-2 hadits ini, kita bisa menghimpun dgn kejadian seputar kita. kita tidak jarang mendengarkan ayam berkokok pada diwaktu antara pukul 02.00 – 04.30 yg tak lain ialah dikala yg disunnahkan utk shalat malam/tahajud. 
Dikala pagi hri diwaktu terbitnya matahari pun tidak sedikit terdengar ayam berkokok, tapi bukan lantaran mataharinya, melainkan menonton para malaikat yg sedang sibuk membagikan rizky dari Allah buat seluruh makhluknya tiap-tiap hri. Dalam hadis lain, Nabi pun bersabda : 

“Aku sempat bertanya terhadap ‘Aaisyah berkenaan shalat shalat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam di disaat tengah malam. Lalu beliau menjawab : “Apabila mendengar kokok ayam jantan, dia bangun, lalu shalat” [Diriwayatkan oleh Ahmad, 6/110; shahih] 

Sebuah penelitian mengungkapkan jika keledai itu bisa menyaksikan dgn sinar infra merah, sedangkan setan sendiri berasal dari jin yg diciptakan dari api. Artinya, setan termasuk juga dalam lingkup infra merah. Dikarenakan itulah, keledai dapat menyaksikan setan, tapi tak dapat melihat malaikat. 

Adapun ayam jantan, ia bisa melihat sinar ultraviolet, sedangkan malaikat diciptakan dari cahaya, artinya dari sinar ultraviolet. Lantaran itulah, malaikat mampu di lihat oleh ayam jantan.

Mudah-mudahan saja kebenaran ilmiah hadits ayam berkokok melihat malaikat dan keledai meringkik menyaksikan setan ini menambah wawasan Kita juga mempertebal keyakinan kepada fakta Islam. bukan cuma itu, mudah-mudahan Kita serta mampu meniru Nabi SAW berkaitan apa yg Dia melaksanakan kala mendengar bunyi ke-2 binatang tersebut. Wallahu A’lam. 
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "FAKTA ILMIAH HADITS AYAM BERKOKOK MELIHAT MALAIKAT"