IBADAH

BERBAGI BERITA IBADAH

TAHUKAN KAMU SIAPA PENYUSUN BACAAN TAHLIL, INI JAWABANNYA !?

Tahlil sering sekali jadi perdebatan seru di kalangan umat muslim di Indonesia, Tetapi sudah tahukah kamu asal muasal & pengarang dari kitab ini. Baru-baru ini sudah di launcing sebuahh buku menyangkut kronologis Kitab Tahlil yg di catat oleh K.H. M. Daniyal Rooyyan (ketua PCNU kenndal), Dalam buku tersebut serta diulas siapa sebenarnya yg mula-mula kali menyusun rangkaian bacaan tahlil & mentradisikannya. 

Menurut penulis buku ini, hal itu sempat dibahas dalam forum Bahtsul Masail oleh para kyai Ahli Thariqah. Sebahagian mereka berpendapat bahwa yang mula-mula menyusun tahlil yakni Sayyid Ja’far Al- Barzanji. Sedangkan pernyataan yang lain menyampaikan bahwa yang menyusun tahlil perdana kali yaitu Sayyid Abdullah bin Alwi Al Haddad. 

Ketentuan HASIL PEMBAHASAN 

Dari dua pernyataan tersebut, di ambil ketentuan dari opini yang paling kuat berkenaan siapa penyusun mula-mula tahlil yaitu Imam Sayyid Abdullah bin Alwi Al Haddad. Hal itu didasarkan terhadap argumentasi bahwa Imam Al- Haddad yang meninggal pada thn 1132 H lebih dulu daripada Sayyid Ja’far Al – Barzanji yang meninggal pada thn 1177 H. 


Opini tersebut diperkuat bersama hasil rujukan tulisan Sayyid Alwi bin Ahmad bin Hasan bin Abdullah bin Alwi Al-Haddad dalam syarah Ratib Al Haddad, bahwa adat imam Abdullah Al Haddad setelah membaca Ratib yaitu bacaan tahlil. Para hadirin yang hadir dalam majlis Imam Al Haddad ikut membaca tahlil dengan cara bersama2 tidak ada yang saling mendahului hingga dgn 500 kali. 


Menjadi kesimpulan kitab tahlil merupakan kitab yg di catat oleh imam besar NU yg hingga ketika ini masihlah di lestarikan keberadaannya yang merupakan kebiasaan di kalangan umat muslim NU, yg memproklamirkan yang merupakan organisasi ASWAJA (ahlussunah wal jamaah) 
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "TAHUKAN KAMU SIAPA PENYUSUN BACAAN TAHLIL, INI JAWABANNYA !?"